Senin, 22 Agustus 2016

Mitos VS Fakta Tentang Perut Buncit !!

Kita seringkali mendengar berita tentang mengecilkan perut yang buncit dengan melakukan olahraga sit up atau olahraga perut, namun sayang sekali hal ini hanyalah mitos.  

Sit up tidak bisa membantu dalam proses pembakaran lemak, sit up memang manjur untuk membentuk otot perut tetapi untuk menyingkirkan lemak cara ini tidak akan berhasil. Sebab olahraga sit up merupakan salah satu bagian dari program penurunan berat badan, sementara untuk menghilangkan perut buncit dibutuhkan proses pembakaran lemak melalui jenis olahraga lain seperti mengangkat beban atau kardio, latihan back up dan jalan sehat.

-Mengkonsumsi Alkohol
Perut buncit disebabkan oleh banyak faktor, salah satu faktornya adalah karena mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan. Hal ini adalah fakta, ya alkohol dapat membuat perut menjadi buncit, namun mengapa demikian, seperti apa pengaruh alkohol terhadap penumpukan lemak? Menurt dr. Adrian Iwan Gunawan, alkohol biasanya mengandung gula dan memang bisa berefek pada bertambahnya berat badan dan penumpukan lemak di daerah perut. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi alkohol hampir sama dengan mengonsumsi makanan yang berlemak. Alkohol dapat membuat kerja hati semakin keras untuk menetralisirnya, sehingga gula yang seharusnya disaring terlebih dahulu menjadi terlewat dan menumpuk, sehingga menyebabkan perut buncit. Dan tentunya perut buncit ini akan memberi banyak dampak negatif bagi kesehatan Anda, beberapa di antaranya adalah: Diabetes, gangguan liver atau hati, gangguan pencernaan atau lambung dan banyak dampak negatif lainnya. 

-Mengkonsumsi Air Dingin atau Es
Pernahkah Anda mendengar kalau kebiasaan minum air dingin atau air es menyebabkan perut menjadi buncit, namun apakah hal ini benar adanya atau hanyalah mitos belaka? Hal ini ternyata mitos. Kesimpangsiuran kebenaran informasi tersebut mungkin bisa membuat sebagian orang menjadi khawatir ketika harus minum air es apalagi setelah makan. Fakta sebenarnya adalah sah-sah saja jika Anda ingin minum air es asalakan dikonsumsi dalam suhu yang tidak terlalu dingin karena hal tersebut akan menyebabkan terjadinya perubahan suhu berlebihan serta akan menganggu sistem pencernaan. Menurut dr. Grace air putih, air dingin maupun es batu itu semua kalorinya adalah nol, dingin atau tidak dingin nyatanya lama-lama air dingin akan menjadi tidak dingin saat masuk ke dalam tubuh dan jikalau meminum minuman air dingin tubuh akan berusaha untuk memanaskannya. Tetapi air es yang dimaksudkan di sini adalah air putih yang dingin, bukan air es yang sudah dicampur dengan gula atau manisan lainnya yang jelas berpotensi meningkatkan berat badan. Namun bukan lagi karena esnya atau karena dinginnya, tetapi karena kandungan gula yang terdapat di dalamnya yang memberikan asupan kalori berlebih.

-Tidur Sehabis Makan
Selanjutnya kebiasaan satu ini harus segera dihilangkan, sebab kebiasaan tidur sehabis makan akan membuat sistem pencernaan tidak berjalan dengan baik dan tentu saja hal ini adalah fakta. Pada saat tidur tubuh kita tidak melakukan aktivitas sehingga proses pencernaanpun tidak akan optimal, makanan yang baru saja dimakan tidak akan dicerna dengan baik dan bisa membuat perut Anda menjadi semakin buncit

-Ngemil di malam hari
Ngemil memang paling enak apalagi kalau Anda sedang lapar di tengah malam dan hal ini fakta dan benar adanya. Demi kesehatan Anda sebaiknya hindarilah makan atau ngemil menjelang jam-jam tidur, mengapa? Seperti yang telah dijelaskan tadi bila makan atau ngemil mendekati jam-jam tidur sama saja membuat perut kita menjadi penuh dengan makanan, akibatnya akan membuat tubuh menyimpan kalori yang lebih banyak dan tidak terbakar maksimal sehingga terjadi penumpukan lemak di sekitar perut. Jika takut makanan yang Anda konsumsi berubah menjadi timbunan lemak cobalah untuk makan malam lebih awal. Waktu yang paling baik untuk makan malam adalah sebelum jam tujuh malam agar jeda waktu antara makan dan tidur cukup lama, dengan begitu tubuh akan memiliki lebih banyak waktu untuk memproses makanan hingga dicerna secara sempurna dan mencegahnya berubah menjadi timbunan lemak saat tidur.. 

-Mengkonsumsi makanan cepat saji
Banyak yang mengatakan bahwa makanan siap saji atau junk food dapat membuat perut Anda menjadi buncit dan ternyata hal ini adalah fakta, mengapa demikian? Karena makanan junk food biasanya tinggi akan kalori dan rendah akan kandung serat, sehingga memudahkan kelebihan kalori yang susah dicerna dan dibuang oleh tubuh yang pada akhirnya akan menimbulkan penimbunan lemak atau perut yang buncit

-Bertambahnya Usia
Ya, hal ini adalah fakta karena seiring bertambahnya usia seseorang fungsi fisiologis dan anatomis tubuh akan terus berkurang, otot yang semula kencang akan perlahan-lahan mulai mengendur, hormon-hormon juga akan berkurang sehingga terjadi penimbunan lemak. 

Jika kalian sudah mengetahui apa sebab dari perut buncit, masih mau melakukan hal-hal seperti diatas ?
HIDUP SEHAT YUKKKK !!!
SEBARKAN ARTIKEL INI SEMOGA BERMANFAAT :)



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mitos VS Fakta Tentang Perut Buncit !!