Sabtu, 22 Oktober 2016

Dosa - Dosa Penjual Online yang Perlu Kita Waspadai, Bagi Penjual Online Baca ini ya

ReportaseIslami – Sahabat Reportase yang berhagagia, jual-beli produk secara online? Apapun produknya, waspadailah 'dosa-dosa' yang sering dilakukan oleh para pedagang online berikut ini, jangan sampai kita kecolongan melakukan beberapa hal berikut:



1. Foto produk dan deskripsi produk tidak sesuai dengan aslinya

Karena pengaruh lighting saat pemotretan, biasanya ada perbedaan antara warna produk di foto dengan aslinya. Oleh sebab itu, perbedaan-perbedaan ini perlu dijelaskan oleh penjual agar pembeli tidak merasa tertipu atau keliru memilih barang. Bahkan hanya perbedaan kecil warna saja bisa membuat konsumen kecewa dan merasa tertipu. Oleh sebab itu perlu menjelaskan dengan jujur mengenai produk yang kita jual. Apalagi pembeli tak melihat dan menyentuh langsung produk aslinya, hanya melalui foto dan deskripsi yang diberikan penjual.

“Pedagang yang jujur dan terpercaya akan dibangkitkan bersama para Nabi, orang-orang shiddiq dan para syuhada.” (HR. Tirmidzi no.1209)

2. Membuat testimoni palsu

Karena masih produk baru dan belum ada pembeli, banyak penjual online yang akhirnya membuat testimoni palsu yang membagus-baguskan produk dagangannya untuk meyakinkan calon pembeli. Hal ini sungguh tidak diperbolehkan, terutama jika kualitas produknya tidak sebagus testimoni yang digembar-gemborkan.

Dari ‘Abdurrahman bin Syibel, ia berkata: Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Para pedagang adalah tukang maksiat”. Di antara para sahabat ada yang bertanya: “Wahai Rasulullah, bukankah Allah telah menghalalkan jual-beli?” Rasulullah menjawab: “Ya, namun mereka sering berdusta dalam berkata, juga sering bersumpah namun sumpahnya palsu”. (HR. Ahmad)





3. Tidak mengecek kualitas barang sebelum dikirim sehingga memberikan barang yang cacat

Kadang kala penjual tidak memastikan kualitas barang pesanan sebelum dikirim, sehingga memberikan barang yang cacat kepada costumer dan tidak bersedia memberi barang ganti sebagai kompensasi. Padahal jelas Rasulullah bersabda, "Barangsiapa menjual barang jelek & tak menjelaskannya, maka ia senantiasa dalam murka Allah & laknat para malaikat." (HR. Ibnu Majah, no. 2238)

4. Lupa bahwa godaan setan amat banyak dalam perniagaan

Karena terlalu seru berdagang online, akhirnya bablas waktu shalat, lupa berdzikir, serta lupa mengumpulkan bekal akhirat. Padahal Rasulullah sudah memperingatkan, “Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa hadir dalam jual-beli. Maka iringilah jual-belimu dengan banyak bersedekah” (HR. Tirmidzi 1208, ia berkata: “Hadits ini hasan shahih”)

5. Tidak peduli pada halal/ haramnya produk yang dijual

Ada penjual online yang berdagang obat aborsi untuk menggugurkan kandungan, menjual makanan yang tidak jelas halal/ haramnya, minuman keras, kosmetika yang mengandung merkuri, serta berbagai produk yang bahkan sudah jelas-jelas haram diperjualbelikan.

"Sesungguhnya Allah dan Rosulnya mengharamkan jual beli arak, bangkai, babi dan berhala." (HR. Bukhari dan Muslim)

Oleh karena itu kita perlu berhati-hati dengan produk yang kita jual, pastikan zatnya halal, thoyyib, dan bermanfaat.

Sahabat reportase, demikianlah beberapa 'dosa' pedagang online yang perlu kita waspadai, jangan sampai kita melakukan hal-hal tersebut dalam berdagang.

Berdaganglah yang baik agar hasilnya menjadi berkah bagi keluarga kita.


Sumber : ummi-online.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Dosa - Dosa Penjual Online yang Perlu Kita Waspadai, Bagi Penjual Online Baca ini ya