Jumat, 29 Juli 2016

Mengapa Harus Menjaga Lisan ?

Mengapa kita harus menjaga lisan ?
Ada sebuah hadist yang mengatakan bahwa “ Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan Hari kemudian,hendaklah iya bertutur kata yang baik atau lebih baik diam” (HR. Bhukhari dan Muslim)
Pentingnya Menjaga Lisan

Jika uacapan adalah perak, maka diam adalah emas itulah pribahasa yang mengdoktrin kita bahwa diam akan menyelamatkan kita. Imam al-ghajali rahimahullah memberikan nasehat kepada kita, bahwa lisan sungguh amat besar bahayanya. tidak ada manusia yg bisa selamat dari lisan ini kecuali dengan diam. oleh sebab itu, islam memuji orang yg diam tidak berkata kata kecuali yg keluar dari lisanya ini sebuah perkataan yg baik.
Allah SWT berfirman : ….serta ucapkanlah kata kata yg baik kepada manusia”.(Q.S Al baqarah :83).

***
Menjaga lisan memang sulit di lakukan, kecuali oleh orang-orang beriman kepada Allah dan meyakini hari pembalasan. Sesungguh nya kita mengetahui bahwa lisan merupakan salah satu nikmat yang besar, bentk nya kecil dan halus namun disitu terletak kebaikan dan keburukan seseorang. amat besar pengaruhnya terhadap yang positif maupun yg negatif dalam kehidupan seorang muslim.

Membahas tentang lisan ada satu nasehat yang sangat berharga dalam hal menjaga lisan, disampaikan oleh Rasulullah SAW dan menjadi tuntunan kita, sebagai mana hadis di atas yaitu “Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendak nya berkata baik atau diam”

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Tirmidzi, Uqbah bin Amir berkata : aku pernah bertanya kepada Rasullah SAW, Ya Rasulullah, apakah keselamatan itu? beliau menjawab, tahan lah lisan mu dan hendak nya rumah mu menyenangkan mu (karena penuh dengan dzikir dan mengingat Allah SWT) dan menangislah atas kesalahan mu (karena menyesal). (HR. Tirmidzi).
 
Demikianlah sahabat pembaca yang budiman, semoga tulisan ini bermanfaat.. Terimakasih:)


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengapa Harus Menjaga Lisan ?